Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN
MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER
TEMA/SUB TEMA
ALOKASI WAKTU
|
:
:
:
:
:
|
SMP N 3
Batanghari
Bahasa Inggris
VII/1
How
are you / Apologize
2 x
40 menit (2JP)
|
A.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan
maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
B.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Spiritual
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
2. Sosial
Menunjukankan sikap
keantusiasan, kesantunan, dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
fungsional secara konsisten.
3.
Pengetahuan
Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis.
4. Ketrampilan
Menyusun
teks lisan dan tulis mengenai ungkapan permintaan maaf dengan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa
dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menjalin hubungan interpersonal
dengan guru, teman-temannya, dan orang-orang disekitarnya melalui ungkapan
permintaan maaf dengan orang lain secarabersungguh-sungguh, santun dan peduli dengan
menggunakan struktur teks teks lisan dan tulis yang runtutdanunsurkebahasaan
yang benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks
lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan danmerespon permintaan maaf
Fungsi sosial
Meminta maaf untuk menjalin hubungan interpersonal
dengan guru dan teman
Struktur
teks
Ungkapan
permintaan maaf:
-
I’m sorry
-
I’m very sorry
-
I’m so sorry
Merespon ungkapan permintaan maaf:
-
That’s fine
-
Okay
-
Alright
-
It’s OK!
Unsur kebahasaan
-
Kosa kata : Let,
help, sorry, would
-
Tata bahasa : be,
have,
kata ganti I, he, she, they
-
Ucapan,
-
Tekanan kata, dan intonasi
-
Ejaan dan tanda baca
-
Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal
terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, percaya diri dan
betanggung jawab
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan: Scientific Approach
Strategi:Cooperative(pairing)
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN (Terlampir)
-
Gambar-gambar - Script percakapan
-
Crossword
G.
SUMBER
PEMBELAJARAN
Asep Gunawan, dkk. 2013. When English Rings the Bell.
Jakarta: Kemendikbud RI (halaman 19-20)
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
(10 menit)
-
Guru bersama
siswa mengucapkan salam dan berdoa
-
Guru bersama siswa
mengkondisikan kelas
-
Guru menanyakan
kepada siswa terkait materi yang telah dipelajari
-
Guru memberi
motivasi kepada peserta didik
-
Guru menyampaikan garis
besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dalakukan oleh
siswa
2. Kegiatan Inti (55 menit)
Mengamati
(Observing)
-
Siswa mengamati gambar
dan teks tentang permintaan maaf. (activity 17 chapter 1)
-
Siswa mendengarkan guru
membaca teks tentang permintaan dan menirukan ucapan guru
Menanyakan (Questioning)
-
Guru menyampaikan pertanyaan penuntun (leading
question) untuk membangitkan rasa ingin tahu siswa tentang fungsi meminta
maaf
-
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk merumuskan hal-hal yang ingin diketahui dalam bentuk
pertanyaan mengenai permintaan maaf
Mengumpulkan
informasi
-
Guru menyuruh siswa bertanya jawab tentang permintaan
maaf secara berpasangan (in pair). ( activity 18 chapter 1 )
Menalar (Associating)
-
Siswa membuat kesimpulan sementara tentang materi ajar yang sedang dipelajari
-
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan ungkapan-ungkapan yang dipelajari
Mencoba (Experimenting)
- Siswa
meniru ungkapan dan ucapan yang dicontohkan oleh guru secara bersama-sama/individu.
- Secara
berpasangan siswa berlatih membuat dialog mengenai permintaan maaf beserta
responnya seperti contoh:
A: Can you lend me a pen?
B: I’m sorry, my pen was lost.
A: it’s OK!
-
Secara berpasangan siswa berlatih untuk mempraktekan
dialog yang telah dibuat mengenai permintaan maafbeserta responnya
Mengkomunikasikan (Networking)
-
Siswa secara berpasangan
mempresentasikan permintaan maaf beserta responnya dengan dengan struktur bahasa yang baik dan benar di
depan kelas
-
Pasangan lain memberi
tanggapan
3. Penutup
(15 menit)
-
Guru bersama siswa membuat
rangkuman/simpulan pelajaran,
-
Guru melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram,
-
Guru memberikan feedback
terhadap proses dan hasil pembelajaran,
-
Memberikan tugas,
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik,
-
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I.
PENILAIAN
(Instrument Penilaian Terlampir)
1. Penilaian sikap
2. Penilaian pengetahuan
3. Penilaian keterampilan
Batanghari,
30 Agustus 2014
Mengetahui,
Guru Pamong Guru
Praktikan
Sih Budiwati,S.Pd Khoirunnisa
NIP.
19640806 198703 2 009 NPM.
1176457
LAMPIRAN
1
Materi/Media
Pembelajaran
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
In a group, Find the right word of
the gretting, take leave, thank, apologize on the crossword below!
A
|
S
|
O
|
R
|
R
|
K
|
L
|
I
|
I
|
S
|
E
|
A
|
D
|
H
|
J
|
B
|
U
|
N
|
Y
|
O
|
F
|
A
|
L
|
S
|
F
|
G
|
M
|
O
|
R
|
N
|
I
|
N
|
G
|
Z
|
Q
|
W
|
T
|
A
|
L
|
X
|
U
|
I
|
N
|
I
|
U
|
I
|
O
|
E
|
H
|
X
|
F
|
H
|
B
|
N
|
U
|
G
|
Z
|
V
|
C
|
P
|
A
|
J
|
L
|
T
|
Y
|
O
|
I
|
H
|
Y
|
E
|
T
|
R
|
N
|
L
|
E
|
H
|
E
|
R
|
J
|
T
|
E
|
V
|
P
|
S
|
K
|
I
|
S
|
J
|
U
|
R
|
I
|
U
|
R
|
E
|
F
|
D
|
S
|
O
|
R
|
R
|
Y
|
W
|
N
|
L
|
I
|
N
|
R
|
L
|
O
|
P
|
M
|
Z
|
E
|
H
|
T
|
O
|
N
|
I
|
J
|
M
|
L
|
A
|
E
|
V
|
Y
|
Q
|
R
|
W
|
O
|
N
|
N
|
S
|
U
|
K
|
I
|
P
|
M
|
X
|
E
|
K
|
L
|
G
|
C
|
V
|
Kunci
Jawaban:
1. MORNING
2. AFTERNON
3. EVENING
4. NIGHT
5. BYE
6. THANKS
7. SORRY
|
LAMPIRAN
2
Penilaian
1. Aspek sikap
- Teknik
penilaian: observasi
- Bentuk
instrument:
No
|
Nama Siswa
|
Santun
|
Jujur
|
Disiplin
|
Percaya Diri
|
Bertanggung Jawab
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
SkalaPenilaian:
Skor
|
Sikap yang diamati :
|
5
|
Tidak pernah menunjukkan sikap tidak santun, peduli, jujur,
disiplin, percayadiri, bertanggung jawab.
|
4
|
Pernah menunjukkan sikap tidak santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung
jawab.
|
3
|
Beberapa menunjukkan sikap tidak santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung
jawab.
|
2
|
Sering menunjukkan sikap tidak santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung
jawab.
|
1
|
Sangat sering menunjukkan sikap tidak santun, peduli, jujur,
disiplin, percaya diri, bertanggungjawab.
|
2. Aspek pengetahuan
- Teknik
Penilaian: tes lisan
- Bentuk
instrumen: Pertanyaan
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Meminta maaf pada orang lain
|
1. What should you say when
you want to apologize?
2. A: Would you like to close
the door please?
B: …………………..
|
2
|
Merespon ungkapan permintaaan
maaf
|
3. What you say to response
someone’s apologize?
4. A: Would you like to help me?
B: ouch, so sorry. I would not.
A:
...............................
|
Kunci Jawaban:
1. I’m
sorry, I’m so sorry, I’m very sorry
2. I’m
sorry. I would not
3. That’s
fine, OK!, alright, it’s okay
4. That’s
fine, OK!, alright, it’s okay
Pensekoran :
No Soal
|
Soal
|
Skor
|
1-4
|
Jawaban benar pengucapan benar
|
2,5
|
Jawaban benar, pengucapan kurang
tepat
|
1,5
|
|
Jawaban salah
|
0
|
|
Skor maksimal
|
10
|
3. Aspek keterampilan
- Teknik
Penilaian: Tes lisan
- Bentuk instrument:Percakapan permintaan maaf
Lembar
Penilaian
No
|
Nama
|
Kosa Kata
|
Kelancaran
|
Ketelitian
|
Pengucapan
|
Intonasi
|
Pemahaman
|
Pilihan Kata
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
*Rentang nilai 1-5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar