Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMA Muhammadiyah
Pekalongan
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Skill :
Berbicara
Jenis
teks : Teks fungsional pendek
Standar
Kompetensi
2 Memahami makna dalam teks
fungsional pendek dan teks monolog sedehana berbentuk recount, narrative
dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu
pengetahuan populer.
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
2.1 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: procedure
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana yang
menggunakan ragam bahasa lisan secar aakurat, lancar dan berterima dalam teks
berbentuk: procedure
Indikator
1.
Merespon teks monolog
sederhana berbentuk procedure
2.
Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
1.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat merespon teks
monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
2.
Materi Pokok
Teks monolog berbentuk procedure contohnya:
Have you ever made a
windmill? Do you know how to make a windmill? No? Would you
like me to tell it for you? Okay. This is the way. Listen to me.
To make a windmill, you will
need: a square piece of paper, a pencil, a ruler, scissors, a drawing pin, and
a stick. Right! Let me tell
you how to make it. First, draw two lines in each diagonal
of paper, and then cut inward and stopping around 3cm ffrom the centre. Next
fold over each point of paper. After that, push the
drawing pin into the center of the windmill. Finally you can now blow your
windmill.
3.
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
4. Langkah-langkah
Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§ Tanya-jawab mengenai cara membuat teh atau kopi
·
Kegiatan Inti (70’)
§ Siswa mendengarkan
teks monolog lisan berbentuk teks procedure.
§ Siswa menyusun
gambar berdasarkan apa yang didengarnya.
§ Siswa
melafalkan beberapa kosakata dari teks monolog yang didengarnya.
§ Siswa membahas
kembali ungkapan yang digunakan dalam text procedure pada
teks monolog yang digunakan.
§ Siswa
berpasangan mempraktekan teks monolog
berbentuk text procedure berdasarkan gambar.
·
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa menyimpulkan kegiatan yang pembelajaran
yang
dilakukan pada pertemuan ini.
5. Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Develloping
English Competencies (hal 56-74)
·
Picture Series
·
Text monolog
6. Penilaian
·
Teknik: Performance Assessment (responding)
·
Bentuk:
Pertanyaan lisan & dialog
Mengetahui Metro, 8 Mei 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
__________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar