Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 3 Batanghari
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/semester : VII
(tujuh)/ 1 (satu)
Materi
Pokok / Sub materi : 1. How Are You/ apologize
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 2JP)
A.
Kompetensi Inti
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilakusantun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
3.1
Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon
sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Spiritual
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional.
2.
Sosial
Melakukan
sikap yang bertanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten.
3.
Pengetahuan
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis.
4. Ketrampilan
Menyusun teks lisan dan tulis mengenai ungkapan permintaan maaf dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Spiritual
Setelah
proses pembelajaran peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara konsisten
2.
Sosial
Setelah
mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan tulis
tentang permintaaan maaf dalam peserta didik dapat bertanggung jawab,
berperilaku peduli, berperilaku santun dalam melaksanakan komunikasi fungsional
secara konsisten.
3.
Pengetahuan
Setelah
mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan tulis tentang
deskripsi tempat, peserta
didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan secara tepat.
4.
Ketrampilan
Setelah
memahami dan mendiskusikan
teks interpersonal lisan dan tulis, peserta didik dapat menyusun teks lisan dan
tulis menggunakan ungkapan permintaaan maaf dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks secara baik.
E. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk sapaan dan pamitan
(terlampir)
1. Fungsi
sosial
2. Gambar
3. Unsur
kebahasaan
F.
Pendekatan/Metode
Pembelajaran
1.
Scientific
Approach
2.
Cooperative Learning
G. Sumber
Belajar
Asep Gunawan, dkk. 2013. When English Rings the
Bell. Jakarta: Kemendikbud RI (halaman 19-21).
H. Media
Pembelajaran
1.
Media:
·
Lembar kerja siswa (terlampir)
·
Video tentang ungkapan permintaan maaf
2.
Alat dan bahan:
·
LCD Proyektor.
I.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
a. Pendahuluan
(10 menit )
·
Peserta didik bersama guru mengucapkan salam dan berdoa.
·
Peserta didik bersama guru mengkondisikan kelas.
·
Guru memberi motivasi: menunjukkan beberapa contoh
sapaan
·
Guru menyampaikan topik dan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
b. Kegiatan
inti ( 60 menit )
Mengamati:
-
Peserta didik mengamati video tentang sapaan dan
pamitan untuk membangkitkan rasa ingin tahu.
-
Menulis hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan video/gambar dengan mengerjakan LKS melalui diskusi berpasangan kemudian
dituliskan di papan tulis sebagai contoh:
Ungkapan
yang digunakan dalam meminta maaf:
A:
Would you like to feed the cows?
B:
I’m sorry. We run out of the grass
Ungkapan
yang digunakan dalam merespon permintaan maaf:
A:
Oh I’m so sorry.
B:
You don’t have to say it.
Menanya:
-
Peserta didik diberi kesempatan merumuskan
hal-hal yang ingin diketahui dalam bentuk pertanyaan dan menuliskan di papan
tulis. Pertanyaan diarahkan pada tujuan pembelajaran seperti contoh dibawah
ini:
·
Bagaimana menggungkapkan permintaan maaf?
·
Bagaimana merespon permintaan maaf?
Mengumpulkan Informasi:
-
Peserta didik mengumpulkan
informasi
berdasarkan membaca dari buku siswa.
Menalar
·
Peserta didik mengolah informasi
yang telah dikumpulkan terkait ungkapan permintaan maaf dan responnya
· Secara
berpasangan peserta didik membuat dialog mengenai ungkapan permintaan maaf dan
responnya
Mengomunikasikan:
· Peserta
didik mempraktekkan dialog yang telah dibuat secara berpasangan didepan kelas
·
Pasangan lain memberi tanggapan.
·
Peserta didik dipandu guru membuat kesimpulan
·
Guru memberi tes lisan untuk mengetahui
ketercapaian kompetensi
c.
Kegiatan penutup ( 10 menit)
· Peserta
didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran.
·
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan
moral.
I.
Penilaian (instrumen terlampir)
1. Penilaian sikap
2. Penilaian pengetahuan
3. Penilaian ketrampilan
Metro, 25 Agustus 2014
Disetujui oleh instruktur Guru Kelas,
___________________________
Khoirunnisa
Lampiran
Materi Pembelajaran
Buku: Asep
Gunawan, dkk. 2013. When English Rings the Bell. Jakarta: Kemendikbud RI
(halaman 19-21).
Lampiran
Penilaian RPP KD 3.1
1.
Sikap Spiritual
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang- kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik
: ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal Pengamatan
: …………………..
Materi Pokok
: …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Mensyukuri anugerah Tuhan bahasa inggris sebagai
bahasa internasional
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengucapkan rasa syukur bisa berdialog dengan
bahasa inggris
|
|
|
|
|
|
4
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali
: apabila memperoleh skor 14-16
Baik
: apabila memperoleh skor 11-13
Cukup
: apabila memperoleh skor 7-10
Kurang
: apabila memperoleh skor
4-6
2.
Sikap Sosial
a.
Peduli
Pedoman
Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam
kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik
: ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal Pengamatan
: …………………..
Materi
Pokok
: …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Gemar menyapa teman/ guru yang ditemui
|
|
|
|
|
|
2
|
Gemar menanyakan kabar teman
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali
: apabila memperoleh skor 8
Baik
: apabila memperoleh skor 6- 7
Cukup
: apabila memperoleh skor 4- 5
Kurang
: apabila memperoleh skor 2- 3
b.
Santun
Pedoman
Observasi Sikap Santun
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik
: ………………….
Kelas
: ………………….
Tanggal
Pengamatan
: …………………..
Materi
Pokok
: …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Bertanya kepada guru dengan bahasa yang sopan
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdialog dengan sikap dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi saran kepada teman dengan bahasa yang halus
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik
: apabila memperoleh skor 10 – 12
Cukup
: apabila memperoleh skor 7- 9
Kurang
: apabila memperoleh skor 3- 6
3.
Pengetahuan
·
TeknikPenilaian
: Tes Tulis
·
Bentuk
Instrumen
: Uraian
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Meminta maaf pada orang lain
|
1. What should you say when you want to apologize to someone?
|
2
|
Merespon ungkapan permintaaan maaf
|
Complete the each bubble below!
3. A: Can you close the door please?
B: ouch I’m sorry. My knee is hurt.
A: …………………..
4.
A: would you like to help me?
B: ouch, so sorry.
A:
...............................
|
KUNCI JAWABAN :
1. I’m
so sorry
2. You
don’t have to say it
3. it’s
ok! No problem
pensekoran
:
No Soal
|
Jawaban benar
|
skor
|
1-5
|
Jawaban benar penulisan benar
|
2
|
Jawaban benar, penulisan salah tidak mengganggu makna
|
1
|
|
Jawaba salah
|
0
|
|
Skor maksimal
|
10
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian :
Observasi
b.
Bentuk
Instrumen :
Pedoman observasi
c.
Instrumen
Penilaian
:
Pedoman Observasi Mini Role Play
Kelompok
: ………
Kelas
: ……….
Materi
Pokok
: ……….
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Pengucapan
|
|
|
|
|
|
2
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Makna
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik
: apabila memperoleh skor 10 – 12
Cukup
: apabila memperoleh skor 7- 9
Kurang
: apabila memperoleh skor 3- 6
Jumlah skor
Nilai =
———————————- X 100
=
Skor Maksimal
Lampiran Lembar Kerja Siswa
Fill in the table with apologize with responses you hear and see from the
video!
NO
|
APOLOGIZE
|
RESPONSES
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar